Radarsindo.com - Warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar acara sholat ghoib dan istighotsah bagi warga rohingya yang telah menjadi korban konflik di Myanmar, Jum'at (8/9).

Acara tersebut digelar digedung Jam'iyyatul Hujjaj Kudus (JHK) yang digelar oleh ribuan warga muslim yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Kabupaten Kudus dan masyarakat umum.

Tampak Bupati kudus Musthofa beserta jajarannya dan Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning serta Wakapolres Kudus Kompol M Ridwa beserta jajarannya ikut dalam aksi damai tersebut.

Sholat ghaib dipimpin langsung oleh KH Arifin Fanani, sedangkan sholat istighotsah di pimpin langsung oleh KH Ahmad Abdul Fatah.

Awalnya anggota IPHI Kudus berencana akan hendak bergabung melakukan kegiatan keprihatinan di Magelang, karena bertepatan dengan agenda kegiatan kepala negara magelang, akhirnya rencananya dibatalkan.

"Kami juga sempat berkoordinasi dengan panitia lainnya serta Polres Kudus, kemudian disepakati untuk melakukan istigasah dan Shalat Gaib di Gedung JHK," ujarnya.
Sementara Bupati Kudus, Musthofa, memberikan sambutan positif atas kegiatan doa bersama tersebut. dan berharap tragedi yang menimpa muslim rohingya segera usai dan tidak terjadi di Indonesia, dan berharap semua pihak perlu memiliki kedewasaan dalam menerima informasi dan jangan sampai terprovokasi yang dapat memecah belah persatuan.

"Kami meminta seluruh masyarakat untuk perkuat persaudaraan dan jangan mudah terprovokasi. Karena hal-hal yang salah informasi justru bisa memecah belah persatuan," ujarnya.
Bupati Musthofa juga mengajak dan mengimbau warga untuk membantu memberikan donasi kepada warga rohingya.